Teaching Physiology Workshop

13 January 2015
Comments 0
13 January 2015, Comments 0

Kurikulum pendidikan kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi di Indonesia masih menggunakan metode praktikum sebagai media untuk membantu para mahasiswa memahami Ilmu Fisiologi. Pada umumnya praktikum fisiologi menggunakan hewan coba seperti katak, kura-kura, tikus, dan lain-lain. Menggunakan hewan coba dalam praktikum memiliki beberapa kesulitan seperti peralatan yang mahal, persiapan yang memakan waktu lebih lama, dan hewan coba yang sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode baru yang hemat biaya dan memiliki sampel praktikum yang lengkap.

 DSC00608

Gambar 1. Teaching Physiology Workshop

Berdasarkan latar belakang tersebut AIDIPROKESI bekerjasama dengan pihak sponsor yaitu Pearson, mengadakan Teaching Physiology Workshop. Workshop ini mengusung tema  “Experiments without Animals (Dry Lab Practicals) and Lectures on Neurophysiology”. Acara ini telah diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu, 13-14 Desember 2014 bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Narasumber yang dihadirkan  dalam workshop ini adalah :

  • Dr. Adrianta Surjadhana, AIF (Universitas Airlangga)
  • dr. Choesnan Effendi, AIF. AIFO.(Universitas Airlangga)
  • Prof. Dr. J. Harjanto, AIF (Universitas Airlangga
  • M. Irfannuddin, SpKO, MPdKed (Universitas Sriwijaya)
  • dr. Nurhadi Ibrahim, PhD ( Universitas Indonesia)
  • dr. Raden Argarini, Mkes (Universitas Airlangga)

DSC00684Gambar 2. Praktikum dengan Software

Workshop ini menggunakan software Physio Ex 9.1, yaitu  sebuah software yang dapat membantu dalam melakukan praktikum tanpa menggunakan hewan coba. Bahan-bahan praktikum yang tersedia dalam software ini adalah :

  • Rangka otot pada katak,
  • Otot jantung pada katak,
  • Spirometri pada manusia,
  • Dan masih banyak bahan yang lainnya.

Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk memperkenalkan program Physio Ex 9.1. kepada para tenaga pengajar sebagai salah satu sarana yang dapat digunakan untuk praktikum.

Pihak penyelenggara terus mendapatkan email dari peserta yang mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk suatu acara yang menolong mereka memperbaiki pendidikan faal di Indonesia.
Acara ini dihadiri oleh 137 peserta dari  36  Fak Kedokteran di seluruh Indonesia. Peserta datang dari 27 kota dari seluruh Indonesia. Peserta yang hadir tak hanya berasal dari Fakultas Kedokteran tetapi juga dari Fakultas yang menggunakan Ilmu Faal dalam kurikulum pembelajarannya seperti Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Perawat, Biologi/Mipa dan Olahraga.
DSC00602
Gambar 3. Peserta Workshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>